Halo pengusaha UMKM . . .
Gimana kabarnya hari ini? Admin mau berbagi ilmu mengenai website dan penting gak sih UMKM memiliki website?
Menurut Rudjito (2003) Mengemukakan bahwa pengertian Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah usaha yang punya peranan penting dalam perekonomian Negara Indonesia, baik dari sisi lapangan kerja yang tercipta maupun dari sisi jumlah usahanya.
Dalam hal pendapatan, usaha dibagi menjadi tiga yaitu mikro, kecil dan menengah, sebagai berikut :
| No | Kategori | Kekayan Bersih | Hasil penjualan pertahun | 
| 1 | Mikro | < Rp 50.000.000 dan tidak termasuk bangunan dan tanah tempat usaha | < Rp 30.000.000 | 
| 2 | Kecil | Rp 50.000.000 – Rp 500.000.000 | Rp 300.000.000 – Rp 2.500.000.000 | 
| 3 | Menengah | Rp 500.000.000 – Rp 10.000.000.000 | Rp 2.500.000.000 – Rp 50.000.000.000 | 
KENAPA SIH UMKM HARUS MEMILIKI WEBSITE?
1. Meningkatkan Kredibilitas UKM
Di era modern ini, internet menjadi salah satu kebutuhan primer bagi masyarakat. Menurut survey APJII Pengguna Internet di Indonesia dari tahun 2021–2022 sebesar 77,02% atau 210.026.769 jiwa dari total populasi 272.682.600 jiwa penduduk Indonesia. Data ini mengalami peningkatan signifikan dari tahun 2019 – 2020 yang mendapatkan persentase 73,70%. Dengan pembuatan website, calon pelanggan yang masih ragu akan mencari informasi di internet dan mengunjungi website UMKM. Keberadaan website untuk mempromosikan produk dan dilengkapi dengan informasi detail mengenai bisnis, produk, layanan, bahkan purna jual dapat menambah kepercayaan pelanggan dan akhirnya memutuskan untuk membeli produk yang ditawarkan.
2. Efisiensi / hemat waktu
Apabila kamu memiliki website, maka calon pembeli tidak akan capek memutari satu toko untuk produk yang sedang mereka cari. Mereka akan langsung dapat menemukan produk yang sedang di cari dalam website kamu. Selain ini akan menghemat waktu mereka, kamu juag lebih mudah untuk melihat produk apa yang sedang diinginkan oleh para pembeli.
3. Menjangkau pasar yang lebih luas
Banyak sekali UMKM yang hanya menjalankan bisnisnya dengan target sekitar seperti penjualan dari rumah ke rumah atau menitipkan produk di toko terdekat saja, Hal ini membuat target pasar kamu tidak berkembang. Dengan membuat website, kamu tidak hanya dapat menjangkau para calon pembeli di kotamu tetapi juga di kota-kota lainnya. Pasar yang ditargetkan akan lebih luas dan keuntungan yang akan didapat juga akan meningkat.
4. Menyediakan informasi yang lengkap
Selain memasukkan foto yang menarik ke dalam website, Kamu juga dapat menuliskan informasi yang lengkap di setiap foto produk Kamu. Informasi tersebut akan membantu calon pembeli yang masih ragu membeli produk atau tidak.
5. Toko buka 24 jam
UMKM yang mempunyai website, lebih memiliki waktu yang fleksibel dan dapat terhubung dengan pelanggan daripada UMKM yang selalu ada jam buka tutup. Pelanggan tetap bisa dengan nyaman melihat produk dan jasa Kamu ketika toko atau kantor offline ditutup. Sehingga kemungkinkan untuk menjaring lebih banyak calon konsumen akan semakin besar. Ini merupakan selling point terbesar di pembahasan ini.
6. Sarana katalog produk dan jasa (Portofolio)
Website menjadi wadah bagi para UMKM untuk menampilkan katalog produk atau jasa yang sedang dijalankannya. Produk/jasa yang ditampilkan akan tetap ada dan tidak akan hilang dalam 24 jam seperti story Instagram. Hal ini membuat kamu tidak usah capek-capek untuk memasukkan foto dan video produk setiap harinya. Para calon pembeli juga dapat melihat produk kamu dimanapun dan kapanpun.
7. Menjalin komunikasi dengan pelanggan
Website memudahkan UMKM agar mudah berkomunikasi dengan pelanggan. Di website kamu bisa langsung membuka live chat ataupun mengarahkan calon pembeli ke kontak kamu. Keuntungan lainnya ketika ingin mempromosikan produk atau jasa yang baru, kamu bisa memposting di website dan memberitahukannya kepada para pelanggan. Lalu mereka bisa melihatnya langsung melalui website.
8. Website untuk branding
Di zaman sekarang, pembuatan website sebagai branding seperti sebuah kewajiban untuk UMKM yang ingin maju dan sukses. Banyak perusahaan kecil maupun besar saat ini berbondong-bondong mempercantik tampilan websitenya agar lebih mudah diakses lewat berbagai media. Walaupun masih dalam level UKM, Kamu tetap bisa mengkukuhkan image bisnis produk Kamu di mata pengguna lewat berbagai sajian konten menarik serta artikel edukatif yang mencitrakan keunggulan produk yang dijual.
LPK PABRIK CERDAS COMMIT MEMBUKA PELATIHAN WEBSITE
Halooo…
Ada kabar gembira dari LPK Pabrik Cerdas CommIT nih, kami membuka pelatihan website untuk semua kalangan dan bukan hanya UMKM. Disini kamu akan diajarkan bagaimana cara membuat website, cara membrandingkan diri melalui website dan masih banyak lagi
Tertarik? Yuk daftarkan diri kamu untuk ikut pelatihan Website di kontak kita yaa
Sampai jumpa di ruang pelatihan Sobat Cerdas !