Apa itu Content Creator? Ini Pengertian dan tips menjadi content creator


Sobat PCC apakah kalian tau apa itu Content Creator ?

Menurut State of Digital Publishing, content creator adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk setiap informasi yang ada di media, terutama media digital. Menurut mereka, content creator biasanya memiliki target audiens tertentu.

 

Sementara itu, menurut HubSpot, content creator adalah orang-orang yang membuat materi (konten) yang memiliki nilai edukasi dan hiburan. Materi ini juga kelak disesuaikan dengan keinginan atau ketertarikan dari audiens. Lazimnya, content creator memakai banyak platform untuk menyebarkan konten mereka. Selain sosial media seperti Facebook, Instagram, atau YouTube, mereka juga memakai blog, infografik, maupun ebook untuk menyebarkan konten.

 

Tips menjadi Content Creator

Tertarik jadi seorang Content Creator? Menurut skillacademy.com ada 7 cara jadi Content Creator berikut ini!

1. Fokus ke satu bidang yang kamu minati atau kuasai

Ada banyak bidang yang bisa kamu tekuni sebagai Content Creator. Biar nggak pusing dan bisa fokus, kamu bisa pilih satu bidang yang kamu minati atau kuasai. Misalnya, kamu adalah seorang dokter, kamu bisa jadi Content Creator yang membagikan konten edukatif seputar kesehatan, mitos dan fakta di dunia kesehatan, kesehatan kulit, mental health, dan lainnya. 

2. Up-to-date dengan tren terkini

Seorang Content Creator harus selalu mengikuti hal-hal yang sedang terjadi di sekitarnya, atau apa yang sedang ramai dibicarakan orang. Dari sini, mungkin kamu bisa menemukan ide yang cocok untuk dijadikan konten selanjutnya.

3. Memahami target audiens

Audiens adalah orang-orang yang menikmati konten yang kamu buat. Dengan memahami target audiens, kamu bisa mengetahui jenis konten apa yang mereka sukai atau butuhkan, ini bisa membantu kamu untuk menjaring audiens yang relevan.

4. Belajar menggunakan tools yang diperlukan

Dalam membuat konten, kamu akan menggunakan beberapa aplikasi dan alat-alat tertentu. Misalnya, dalam membuat konten tulisan, kamu perlu belajar tentang SEO dan tools-nya. Dalam pembuatan video, kamu perlu belajar menggunakan kamera, pencahayaan, dan belajar aplikasi untuk mengedit video.

5. Menentukan tujuan yang ingin dicapai

Dalam pembuatan konten, kamu harus menentukan tujuan apa yang ingin dicapai. Baik ketika kamu bekerja sebagai Content Creator di perusahaan atau bekerja sendiri, keduanya harus punya tujuan. Tujuan ini harus dibuat jelas, misalnya: jumlah visitor, views, like, komentar, website traffic, penjualan, engagement, atau tujuan lainnya.

6. Banyak membaca dan melakukan riset

Content Creator membuat konten yang disukai atau diinginkan oleh audiensnya. Karena itu, kamu harus banyak membaca dan melakukan riset untuk tahu sebenarnya apa yang sedang dibutuhkan audiens saat ini. Lalu menjadikan kontenmu sebagai jawaban atas kebingungan audiens, atau menghibur audiens.

7. Belajar dari konten orang lain

Kamu bisa belajar dari konten orang lain dengan niche yang serupa atau dari kompetitor. Bisa dari Content Creator yang lebih senior dan sudah punya audiens sendiri. Kamu bisa mengamati bagaimana ia mengemas kontennya, gaya bahasanya, editingnya, pengambilan gambar atau videonya, media apa saja yang digunakan, cara ia berinteraksi dengan audiens, dan lainnya.

 

unnamed

Kamu, bisa belajar cara membuat konten apa saja dengan menarik dan berkualitas bersama program satu tahun konten kreator, Info lebih lanjut silakan hubungi nomor berikut

+62 812-1176-8884